Akibat mendengarkan musik menggunakan headset

Drakemedia.net – Banyak anak muda yang mempunyai kebiasaan mendengarkan  musik favorite mereka dengan menggunakan headset atau earphone. Memang dengan menggunakan headset ini nada yang dihasilkan akan lebih jelas.
Pemakaian headset secara berlebihan bisa menyebabkan rusaknya pada telinga. Lebih parahnya lagi, bila hal semacam ini selalu dilewatkan, akan bisa menjalar ke otak.

Ini dia akibat menggunakan headset secara berlebihan :

1. Rusaknya Telinga Permanen

Rusaknya pada telinga bisa berlangsung karena pemakaian headset dengan cara terus-terusan. Hal semacam ini karena nada keras dari musik yang datang dari earphone yang dipunyai.
Lainnya itu, frekwensi penggunaan yang sangat lama dapat juga menyebabkan rusaknya telinga permanen sebagaimana pecahnya gendang telinga yang bisa turunkan pendengaran kita malahan bisa mengakibatkan tuli.

2. Kehilangan Pendengaran di Umur Muda

Banyak anak muda yang nikmati musik mereka dengan menggeber headset atau earphone mereka sampai volume optimal. Bila hal semacam ini dikerjakan sejak masih muda, jadi potensi kehilangan pendengaran awal bakal makin cepat berlangsung.
Sebaiknya untuk memberi jeda sekian waktu agar telinga kita dapat punya kebiasaan kembali dengan situasi default.
Bila tak, kemelut telinga akibat musik keras selalu dimainkan hingga bisa menyebabkan rusaknya telinga permanen.

3. Ambang Pendengaran Pemakaian

headset atau earphone yang berlebihan dapat juga memengaruhi ambang pendengaran kita.
Bila di ketika umum kita bisa mendengar satu hal dari jarak yang pas jauh, tetapi dengan berubahnya amabng pendengaran, jadi kita cuma dapat mendengar nada dengan terangnya saat jaraknya telah pas dekat.

4. Rusaknya Otak

Earphone atau headset yang dipakai juga nyatanya pancarkan gelombang elektromagnetik sendiri.
Hal semacam ini dipercaya bisa menyebabkan rusaknya otak karena oleh radiasi dari headset atau earphone tersebut. Hal semacam ini dibuktikan dengan percobaan pada tikus serta tumbuhan.
Otak tikus dipengaruhi oleh gelombang radiasi ini yang menyebabkan rusaknya pada otak tikus.
Sementara pada tumbuhan, perlahan-lahan layu karena paparan musik keras yang menimpa sepanjang sekian hari. Lain dengan yang didapatkan perlakuan dengan memainkan musik lembut. ( Baca juga : Inilah Bahaya Mencabut Alis Mata Bagi Kesehatan )

5. Infeksi Telinga

Pemakaian Earphone in Ear Monitor (IEM) mempunyai kemungkinan tinggi utnuk menjadikan telinga terinfeksi.
Hal semacam ini karena oleh mekanisme pemakaian earphone yang masuk kedalam rongga telinga.
Bila earphone yang dipakai tak bersih, jadi potensi berlangsung radang pada rongga telinga makin besar.
Memanglah pemakaian IEM ini begitu nyaman serta menjadikan nada yang dihasilkan oleh earphone terdengar begitu terangnya.
Malahan sebagian jenis menjadikan IEM yang betul-betul kedap nada. Sebaiknya anda tak meminjamkan IEM anda ke orang lain. Ditakutkan bakteri yang ada di telinga turut beralih ke earphone anda.
Bila telah terserang infeksi, jadi telinga bakal merasa gatal, serta bisa kurangi pendengaran anda.

Ke lima bahaya diatas mudah-mudahan bisa mengingatkan beberapa pembaca khususnya anak muda kini untuk lebih waspada dalam pemakaian headset atau earphone.
Dengan hal tersebut kita masih bisa nikmati karunia Tuhan yang tak ada duanya ini. Semoga berguna! =D

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*