5 Tips Memperbaiki Komputer Yang Sering Hang Dengan Mudah

cara memperbaiki komputer

cara memperbaiki komputer

Drakemedia.net – Kali ini saya akan membahas mengenai komputer yang sering hang, banyak penyebab kenapa komputer hang seperti komputer hang karena CPU kepanasan dan masih banyak hal lainnya. Berikut inilah beberapa cara memperbaiki komputer yang hang terus menerus.

1.. Komputer Hang lantaran CPU kepanasan (overheating)

  • Buka heatsing serta kipas processor dengan cara hati – hati.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin serta fan processor dari debu, bila fan macet beri minyak pelumas sedikit di bagian poros bila butuh ubah fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang telah kering yang melekat pada processor serta heatsink, ubah serta berikan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink dan fan kedalam dudukannya dengan cara hati-hati.
  • Cermati posisi heatsink (logam pendingin) serta kipas Processor, yakinkan keadaan Heatsing telah terpasang dengan cara benar khususnya untuk jenis Heatsing untuk Processor socket LGA, cermati keadaan masing-masing sekrup yang terpasang.

2. Komputer hang lantaran Power Supply kekurangan daya.

Ada saatnya juga komputer hang lantaran Power Supply yang telah rusak, walaupun tak mengakibatkan mati keseluruhan, kekurangan daya pada power supply dapat mengakibatkan kemampuan komputer melambat malahan komputer jadi hang serta sebagian peralatan USB tak terdeteksi atau tak berperan.

3. Komputer hang lantaran permasalahan pada hardisk.

  • Kemampuan Hardisk Low Space.
  • Untuk mengatasinya kita lakukan dahulu Disk CleanUp untuk bersihkan hardisk dari file-file temporary atau file sampah. Langkah menggerakkan Disk Cleanup : klik start – run -ketik : cleanmgr
  • Data pada Hardisk terpragmentasi hingga butuh di defrag.
  • Hardisk Bad Sector. Peristiwa di mana selepas Windows booting seluruhnya terlihat jalan normal, namun saat buka suatu dokumen serta mulai bekerja, mendadak mouse serta keyboard diam, computer jadi hang!!!. coba mencopot hardisk itu serta memasangkannya pada komputer lain lalu menggerakkan program checkdisk untuk mengecek serta melakukan perbaikan keruksakan pada hardisk itu. Selepas hardisk usai diperbaiki lalu dipasangkan kembali ke komputer pada awal mulanya serta keadaan komputerpun normal kembali.

4. Komputer hang lantaran VGA Card rusak.

Sebagian Komputer juga alami hang lantaran ada keruksakan pada katu VGA-nya. Selepas di teliti nyatanya heatsink pada kartu VGA merasa panasnya tak normal, karenanya ganti kartu VGA itu serta nyatanya selepas kartu VGA ubah keadaan komputer jadi normal kembali.

5. Komputer hang lantaran permasalahan Memori

Memori (RAM) yang rusak atau kemampuan memori yang kurang kerap juga jadi aspek komputer jadi hang. Periksalah kembali memori aktual yang terpasang dengan kemampuan memori yang terbaca oleh komputer, karena ada saatnya kita menempatkan sebagian keping memori namun yang terbaca cuma satu keping saja. Sebagian memori yang dipakai namun tak sama (sama jenis serta kemampuannya) bukannya jadi mempercepat komputer namun jadi memperlambat serta menjadikan hang komputer Anda.

Semoga bermanfaat ya..

No Response

Comments are closed.