Punya Kucing Persia? Berikut Ini Cara Merawatnya Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

cara merawat kucing persia
cara merawat kucing persia
cara merawat kucing persia

Drakemedia.net – Kucing persia yaitu kucing yang sangatlah cantik dengan bentuk badan yang besar serta padat, kepala besar serta bulat, ditutupi bulu yang tidak tipis. Telinganya berbuntut bulat, sisi dasar melebar, tak terlampau tinggi serta miring ke depan. Ciri khasnya yang paling tampak yaitu hidungnya yang pesek.

Kadangkala umumnya orang menduga perawatan kucing Persia memerlukan harga yang mahal. Hal itu memanglah benar bila anda pergi ke salon dan penitipan hewan pemeliharaan, lantaran mereka jual layanan itu. Lalu bagaimana caranya menjaga kucing Persia dengan harga yang tidak mahal? Kajian berikut mungkin saja bisa jadi rekomendasi anda dalam merawat kucing Persia anda.

1. Makanan

Untuk memberi makanan pada kucing kita mesti memerhatikan labelnya. Bila kucing kita masih kecil, mencari makanan yang berlebel kitten (kucing kecil) hingga ia tak salah konsumsi. Untuk merk itu lain disetiap produk makanan kucing. Tidak sama juga kandungan nutrisi didalamnya.

2. Ukuran Makanan

Ukuran makanan ini berperan untuk mengambil makanan. Namun bila anda ganti dengan botol sisa air minum bisa juga. Tergantung anda ada budjet berapa. Cocokkan dengan kemampuan anda ya, janganlah terlampau memaksakan kehendak, hingga memberatkan.

3. Tempat Makan serta Minum

Ada yang jual tempat makan serta minum dalam satu wadah dengan lubang yang tidak sama. Tempat yang sebagaimana ini lebih efektif, lantaran menghemat tempat serta ruangan. Janganlah lupa senantiasa siapkan makanan serta minumnya ditempat itu, sehingga saat kucing anda lapar dapat langsung mencari tempat makan itu.

4. Bak Pasir

Bak pasir ini dipakai untuk tempat pasir. Tempat ini disiapkan untuk menolong kucing anda untuk buang air besar ataupun buang air kecil. Sebagaimana seperti toilet untuk kita. Kucing juga perlu tempat untuk buang air. Jadi kucing tak asal-asalan buang airnya.

5. Pasir

Manfaatkanlah pasir spesial untuk kucing yang wangi ada aroma buahnya. Pasir spesial kucing ini dapat memiliki manfaat sendiri, yakni saat ada kotoran kucing dipasir itu, jadi kotoran itu bakal menggumpal serta kering. Jadi tak gampang bau serta gampang untuk di ambil. Umumnya pasir ini cuma untuk sekali gunakan. Bila telah ada kotoran kucing, selekasnya dibuang pasir yang terkenanya.

6. Serokan Pasir

Serokan ini berperan untuk mengambil kotoran kucing yang telah menggumpal di bak pasir. Lalu kotoran itu dibuang. Melalui alat ini bakal sangatlah mempermudah kita dalam bersihkan tempat buang air kucing. Hingga tangan kita tak kotor serta bau, walaupun mesti mengatur tempat buang air kucing.

7. Shampo

Tak bedanya dengan manusia, kucing juga perlu sampo untuk mandi serta digunakan juga untuk tubuhnya. Sampo kucing umumnya digunakan satu minggu sekali. Namun hati-hati ya dalam memandikan kucing. Terlebih di bagian dekat mata.

8. Baby Oil serta Kapas

Baby Oil serta Kapas ini dipakai untuk bersihkan telinga kuping. Jagalah kebersihan kucing anda, terlebih anda yang pelihara kucing di dalam rumah, malahan tidur bareng dengan kucing. Mesti lebih ekstra menjaga kebersihannya.

9. Vitamin

Selain perlengkapan untuk keperluan tubuh kucing, ada vitamin juga yang butuh di berikanlah pada kucing. Vitamin ini berperan untuk kesehatan kulit serta bulu kucing.

Langkah Gampang Menjaga Kucing Persia Dengan Baik Untuk Pemula

  • Jagalah kebersihan kandang serta bak pasir
  • Teliti suhu serta kelembaban ruang
  • Cermati makanan serta minuman kucing
  • Jagalah kebersihan mata, telinga, gigi serta teratur potong kuku
  • Kerjakan vaksinasi, obat cacing, periksa ke dokter hewan dengan cara rutin
  • Grooming kucing : memandikan, sisir serta mengeringkan bulu kucing
  • Berikanlah tempat/alas tidur yang nyaman, mainan serta perhatian

Bagaimanakah Langkah Tahu Kucing Persia Yang Sakit?

Selain harus menjaga kucing persia dengan baik, kita sebagai majikannya harus tahu perilaku apa sajakah yang perlu di ketahui ketika kucing itu sakit.

  • Kelelahan serta lesu
  • Susah buang kotoran
  • Menggelengkan kepala dengan cara berlebihan
  • Konsumsi air dengan cara berlebihan
  • Selera alami penurunan atau sebaliknya
  • Jadi lebih agresif serta hiperaktif
  • Jalan pincang atau susah berdiri
  • Ada cairan yang keluar dari lubang badan
  • Ada sisi badan kucing yang bengkak
  • Berat tubuh naik maupun turun dengan cara mendadak

Bila anda lihat dari salah satu yang dijelaskan di atas, jadi cepatlah bawa kucing anda ke dokter hewan. Lantaran hewan anda perlu perawatan spesial. Supaya dapat di ketahui pemicu sakitnya, serta langkah mengobatinya.

Baca : Cara merawat kucing anggora