Tips Jitu Menghemat Penggunaan RAM Pada Android

Drakemedia.net – Android adalah salah satu smartphone yang saat ini terus populer di kalangan masyarakat, termasuk Indonesia. Maka tidak heran bila semakin banyak varian ponsel yang ada dari yang paling murah, sampai yang mahal. Namun bukan rahasia lagi bila bawasannya ponsel murah, biasanya hanya disematkan RAM yang sangat kecil. Oleh karenanya, terdapat banyak masalah yang dihadapi saat menjalankan aplikasi.

Baca : Aplikasi yang wajib anda install di android

Sebagian dari anda mungkin saja pernah mengalami permasalahan penggunaan RAM yang melonjak, namun kapasitas RAM yang kecil. nah, pada kesempatan ini saya akan sharing bagaimana tips meminimalkan penggunaan RAM di android.

Sebelumnya kita membahas permasalahan ini, kita perlu tahu apakah itu RAM. RAM atau biasa di sebut dengan Random Access Memory yaitu hardware tempat untuk menyimpan data sementara sebelum dilakukan oleh processor, data di RAM diakses dengan acak (random) serta dengan kecepatan yang selalu sama. Lantaran mempunyai sifat sementara jadi data didalam RAM akan hilang saat tidak ada aliran listrik atau pada saat pc sudah dimatikan atau pada saat direstart.

Sebelum pada pokok bahasan kita perlu mengetahui juga bagaimana caranya melihat RAM pada ponsel android. Langkahnya yaitu dengan menggunakan aplikasi info.
Berikut adalah langkah menghemat penggunaan RAM di android :

Yang diperlukan :

  • Android device yang telah mempunyai akses ROOT
  • Explorer yang bisa melakukan mengakses root system
  • Script RAM Optimizer

Langkah untuk menghemat penggunaan RAM di android dapat dipraktekkan lewat cara dibawah ini :

  1. Pastikan terlebih dulu kalau Android anda sudah di root.
  2. Buka root Explorer melalui ponsel Android anda dan setelah itu ekstrak script RAM optimizer.
  3. Selanjutnya pindah script RAM optimizer dalam folder sistem/etc/init. d /. Jika anda belum memiliki folder init.d, anda bisa membuatnya dengan cara manual namun setting hak aksesnya akan menjadi write dan mengklik di bagian pojok kanan atas pada aplikasi root explorer berasalal dari R.O menjadi R.W ini karena beberapa ROM tidak memiliki folder init.d.
  4. Pertama pilihlah folder sistem selanjutnya set agar bisa mengakses write dengan cara klik mount R/W set permission mark all.
  5. Setelah itu kliklah tombol menu lalu pilih new folder.
  6. Selanjutnya pindahkan script yang tadi ke dalam folder init.d.
  7. Langkah terakhir restart ponsel android kesayangan anda dan lihat hasilnya.

Setelah anda melakukan ke tujuh langkah diatas anda juga masih perlu melakukan setup pada android dan boost memory yang bertujuan untuk melakukan booting. Usia anda melakukan manage anda juga masih perlu melakukan manage aplikasi pada ponsel android anda. Lantaran tidak akan lengkap bila anda masih belum melakukan manage aplikasi.

Nah, tips di atas adalah tips jitu untuk menghemat penggunaan RAM di android yang dapat anda lakukan. Bila anda adalah seorang pemula di dunia android, mintalah bantuan pada teman maupun keluarga yang lebih mengerti mengenai android.

Seoga infonya bisa bermanfaat dan berguna.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *