Mengenal Cara Kerja Hardisk Dan Fungsi-Fungsinya

Drakemedia.net – Hardisk yaitu perangkat keras komputer yang berperan untuk menyimpan data, baik data program ataupun data pribadi. Oleh karenanya kita mesti memahami fungsi hardisk pada sebuah komputer. Kita dapat membuat suatu gambaran, saat ada sebuah personal komputer yang tidak memiliki hardisk, maka komputer itu tidak dapat memperlihatkan data, bahkan sebuah OS (operational sistem) tidak akan ada dikarenakan seluruh data os itu ada pada hardisk komputer itu. Dapat dikatakan komputer itu tidak akan memberi manfaat, walaupun komputer itu dapat hidup.

Di sini saya akan menjelaskan bebrapa bagian hardisk yang terbagi dalam beberapa komponen, yakni yang pertama yaitu PCB hardisk yang berfungsi untuk mengatur jalanya hardisk itu sendiri dan sekaligus menghubungkan hardisk ke motherboard melewati kabel data komputer yang di kenal dengan nama kabel IDE dan SATA.

Di dalam hardisk juga memiliki komponen yang diberi nama trek nol hardisk yang di tugaskan untuk membaca sebuah data pada komputer baik data program ataupun data pribadi kita yang ada dalam hardisk itu. Bila ada kerusakan pada trek nol hardisk maka semua data tidak akan terbaca, kebanyakan terjadi kerusakan optik yang ada pada trek nol hardisk tersebut . Jadi bila ada problem seperti ini sebaiknya anda harus mengganti optik hardisk itu supaya data yang ada pada hardisk dapat terbaca lagi dan dapat digunakan seperti mestinya.

Di dalam sebuah hardisk selain ada trek nol hardisk di situ ada juga lempengan yang berbentuk bundar yang di sebut lempengan hardisk. komponen ini berfungsi sebagai penyimpanan data anda. besar kecilnya data yang ada pada hardisk anda itu tergantung pada kapasitas dari lempengan sebuah hardisk itu. Lempengan pada hardisk ini tidak mudah rusak lantaran lempengan itu ditutup oleh penutup hardisk yang kuat. Namun perlu anda ingat kalau di dunia ini tidak ada perkara yang tidak mungkin. Saat bertambahnya usia sebuah hardisk maka bertambah melemah juga kinerja sebuah hardisk, yang kita kenal istilahnya pada saat ini yaitu Bad Sector pada hardisk. Di mana pada sebuah lempengan hardisk terbagi menjadi beberapa ribu bahkan ratusan juta sector. Bila ada beberapa sector saja yang rusak dengan kata lain bad sector maka bagian itu sudah tidak dapat diperlukan untuk menyimpan data lagi atau tidak dapat di akses. Mungkin ada yang dapat mengatasi hal itu dengan cara menggunakan software atau dengan cara menghilangkan bebrapa bagian yang bad sector lalu menggabungkan sector – sector hardisk yang baik atau good sector. Namun langkah tersebut juga menyebabkan semakin kecil kapasitas penyimpanan data dari hardisk itu.

Maka dapat dikatakan betapa pentingnya peran sebuah hardisk, selain sebagai penyimpanan pembagi data program serta data pribadi, hardisk juga berperan sebagai penyimpanan database sebuah OS (operational sistem) . oleh karenanya kita mesti merawat dan menjaga hardisk itu supaya tidak rusak dan dapat kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara kerja dan fungsi hardisk, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat serta dapat menjadi bahan referensi untuk anda semua. Jangan lupa baca juga : Cara mudah merawat hardisk pada komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *